21/02/10

hiburan lengkap PC

[11/9/2006] Hiburan Lengkap Bermodalkan Sebuah PC

Anda ingin melengkapi ruang keluarga, kamar, atau ruang kerja Anda dengan perangkat hiburan elektronik seperti DVD player, televisi, ataupun audio Hi-Fi? Tentu biaya yang akan Anda keluarkan tidak sedikit untuk mewujudkannya. Namun hanya dengan sebuah perangkat PC saja, semua keinginan Anda tersebut bisa terwujud tanpa membutuhkan biaya yang berlebih. Bagaimana caranya? Simak “Cover Story” kali ini!

Pada zaman modern seperti ini, perangkat hiburan elektronik sangat diperlukan oleh banyak orang. Selain hanya digunakan sebagai hobi semata, perangkat hiburan juga dapat menghilangkan stres dan kepenatan setelah bekerja seharian. Bahkan ada juga yang memanfaatkan perangkat hiburan tersebut untuk memperoleh penghasilan dan uang tambahan.

Memang saat ini produk perangkat hiburan elektronik semakin terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, apalagi jika melihat banyaknya produk dari negara China yang terkenal dengan harganya yang sangat murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan produk dari Jepang atau Eropa yang sudah terlebih dahulu masuk ke dalam pasar Indonesia. Harus diakui memang bahwa produk China tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan dengan yang lain, namun jika Anda menginginkan kualitas yang bisa diandalkan dan umur komponen yang lebih lama sebaiknya Anda berpikir dua kali jika ingin membeli produk-produk tersebut. Meskipun menurut kami tidak semua produk China berkualitas buruk.

Walaupun perangkat-perangkat hiburan tersebut bisa berharga sangat murah, namun tetap saja tidak ada satu perangkat pun yang bisa mewujudkan keinginan Anda untuk menghadirkan one stop solution entertainment hanya menggunakan sebuah perangkat hiburan elektronik. Pada akhirnya biaya yang akan Anda keluarkan untuk mewujudkannya akan membengkak juga, karena ada beberapa jenis perangkat yang harus Anda beli secara terpisah. Mungkin untuk sebagian orang yang sudah tidak mempermasalahkan dan sensitif terhadap harga lagi, tentunya hal tersebut tidak menjadi persoalan yang terlalu penting. Namun untuk sebagian orang lainnya, masalah harga masih menjadi suatu isu yang sangat sensitif. Orang-orang tersebut cenderung akan membeli barang-barang yang jauh lebih murah namun mempunyai kualitas dan ketahanan yang cukup bagus.

Untuk bisa mewujudkan keiginan Anda dalam menciptakan one stop solution  entertainment, hanya sebuah alat yang bisa digunakan, yaitu sebuah perangkat PC. Dengan sebuah perangkat PC, Anda bisa melakukan apapun yang Anda mau. Seperti mengerjakan tugas kantor (mengetik atau membuat tabel), surfing internet, menonton film DVD, menonton TV kemudian merekamnya, memutar musik baik yang berjenis MP-3 ataupun audio dan masih banyak lagi kegunaannya. Kami yakin bahwa banyak dari Anda yang sudah mengfungsikan perangkat PC yang Anda miliki tersebut untuk menonton fi lm DVD, mendengarkan musik dan mengerjakan pekerjaan kantor sekaligus surfi ng internet. Namun sebenarnya masih banyak lagi fungsi-fungsi lain yang bisa Anda dapatkan dari sebuah perangkat PC yang Anda miliki.

Belum optimalnya penggunaan perangkat PC tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain spesifi kasi dari PC yang tidak memadai (processor jenis lama, kekurangan kapasitas RAM, kapasitas harddisk kecil), tidak adanya aplikasi pendukung atau tidak adanya peripheral pendukung lainnya, dan mungkin masih banyak kendala-kendala yang lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu di sini.

Memang jika dibandingkan dengan membeli beberapa perlengkapan elektronik, jauh lebih efi sien jika Anda menyediakan dana untuk membeli sebuah perangkat PC yang memadai serta lengkap dengan aplikasi dan peripheral pendukung lainnya. Selain mempunyai keuntungan bahwa sebuah perangkat PC tidak akan memakan ruang berlebih baik di dalam ruang keluarga, kamar tidur, atau ruang kerja dalam rumah Anda, kami rasa dana yang Anda keluarkan tidak akan jauh berbeda dengan membeli beberapa perangkat elektronik sekaligus dan bukan tidak mungkin perangkat PC yang Anda beli tersebut lebih murah dibanding beberapa perangkat elektronik tersebut.
 
Spesifikasi untuk Entertainment PC
Secara keseluruhan spesifi kasi untuk entertainment PC tidaklah terlalu tinggi. Processor yang dibutuhkan minimal berkecepatan 2.0 GHz, RAM sebaiknya minimal 256 MB jika bisa lebih tinggi maka kinerja yang dihasilkan juga akan lebih baik. Motheboard yang diperlukan cukup yang mempunyai sound card onboard dan Video card onboard dengan
chipset nVIDIA nForce ataupun ATi Radeon.

Jangan takut, meskipun hanya memakai video card onboard namun jika motherboard tersebut sudah memakai chipset nForce atau ATi, maka kualitas gambar yang dihasilkan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Harddisk yang diperlukan minimal 80 GB, kapasitas tersebut sudah cukup untuk menyimpan data film dan melakukan recording terhadap tayangan televisi atau film DVD jika Anda inginkan. Siapkan juga monitor berukuran 17” Flat, karena sekarang monitor dengan ukuran tersebut sudah menjadi standar dari PC rakitan. Harga monitor tersebut dipasaran berkisar antara Rp900.000 sampai Rp1.200.000. Tidak perlu monitor dengan jenis yang LCD, cukup jenis yang CRT flat saja.

Peripheral tambahan yang wajib dan diperlukan adalah sebuah TV-Tuner yang dipasaran dijual dengan harga minimal Rp450.000. Selain itu seperangkat speaker juga wajib dimiliki, bisa speaker yang hanya berspesifikasi 2.1 Channel, 5.1 Channel sampai 7.1 Channel tergantung pada berapa channel yang di-support oleh sound card dalam motherboard tersebut dan seberapa besar Anda berani membelanjakan uang.

Satu hal lagi yang kami sarankan adalah sebuah operating system yang bisa mendukung kegiatan Anda untuk mewujudkan sebuah entertainment PC, yaitu Windows XP Professional atau Windows XP Media Center Edition 2005. Memang agak sedikit mahal operating system ini mengingat suggested price yang dipatok oleh pihak Microsoft adalah sekitar US$132. Namun setelah Anda gunakan, fi tur dan kinerja yang dihasilkan mungkin akan melampaui harga tersebut.

Pihak Microsoft sendiri memang menganjurkan untuk membeli OS Windows XP Media Center Edition 2005 ini dengan paket komputer built-up lokal OEM (Original Equipment Manufacture) dengan tujuan supaya Windows XP Media Center Edition 2005 (selanjutnya akan disebut Windows XP MCE 2005) bisa berjalan dengan optimal. Namun jika Anda tidak menghendaki paket tersebut, Windows XP MCE 2005 ini sudah dijual secara terpisah dan bisa Anda dapatkan di toko komputer terdekat dengan harga yang bervariasi tentunya.

Total biaya minimal yang harus Anda siapkan untuk mewujudkan sebuah entertainment PC tersebut adalah sekitar Rp5.000.000, cukup terjangkau jika dibandingkan Anda harus membeli beberapa perangkat hiburan elektronik terpisah seperti DVD Player, televisi, audio Hi-Fi, dan speaker aktif namun dengan kualitas yang kurang bisa diandalkan dan sangat memakan banyak tempat baik didalam rumah (ruang keluarga khususnya), kamar, atau ruang kerja Anda.

Ditambah jika Anda suka bermain game-game 3D, spesifikasi tersebut sudah lebih dari cukup kami rasa. Dan bila Anda gemar berkreasi dengan aplikasi grafis, bukan tidak mungkin sebuah perangkat PC tersebut bisa Anda manfaatkan menjadi tambang emas untuk menambah penghasilan Anda.

Dukungan Penuh dari Windows XP Media Center Edition 2005
Sebagian dari Anda sedikit banyak tentu bertanya-tanya. Mengapa harus memakai Windows XP MCE 2005 dan bukannya windows versi yang lain? Memang interface dari Windows XP MCE 2005 sama persis dengan Windows XP baik yang Home Edition maupun yang Professional, namun perbedaan yang sangat mencolok terletak pada fitur multimedia.

Adanya fitur-fitur untuk multimedia tambahan yang cukup lengkap pada Windows XP MCE 2005 ini membuat OS yang satu ini sangat cocok digunakan untuk sebuah operating system entertainment PC. Karena memang OS tersebut dikhususkan untuk Anda yang menyukai multimedia dan entertainment.

Kelebihan yang lainnya adalah Windows XP MCE 2005 sudah tersinkronisasi dengan berbagai produk TV-Tuner yang beredar dipasaran. Salah satu fitur paling menyenangkan yang bisa Anda temukan dalam Windows XP MCE 2005 tersebut adalah menu media center wizard-nya.

Jika TV-Tuner yang Anda miliki sudah mendukung OS tersebut, Anda bisa mengoperasikan menu media center wizard-nya tanpa memerlukan keyboard ataupun mouse lagi. Cukup gunakan remote control yang sudah disertakan pada TV-Tuner tersebut, dan Anda sudah bisa menjalankan berbagai fungsi multimedia dan semua kelebihan yang ditawarkan oleh Windows XP MCE 2005. Sangat mudah dan menyenangkan, bukan?

Windows XP MCE 2005 mempunyai berbagai macam fitur dan fungsi yang sangat beragam. Salah satunya fitur media center wizard. Beberapa menu utama media center wizard dari Windows XP MCE 2005, antara lain:

- My Music
Dengan menggunakan remote control, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di antaranya Anda bisa meng-copy CD audio atau file musik yang ada di dalam harddisk ke dalam daftar library musik, sehingga Anda bisa mendengarkan musik-musik kegemaran Anda setiap waktu. Anda juga bisa membuat playlist musik sendiri, melakukan sorting berdasarkan album, dan artis dan membuat urutan lagu favorit yang ingin Anda dengarkan.  Untuk bisa melakukan ini setidaknya perangkat PC Anda harus dilengkapi dengan sebuah CD-ROM, namun jika ada DVD-ROM akan jauh lebih bagus. Satu lagi perangkat dasar yang diperlukan adalah sebuah speaker PC atau setidaknya sebuah earphone.

- My TV
Fitur ini bisa Anda gunakan untuk menikmati siaran televisi langsung dalam perangkat PC Anda. Selain itu, Anda juga bisa merekam acara televisi tersebut untuk dilihat ulang kemudian. Uniknya dari fitur ini adalah ketika Anda sedang melihat acara televisi melalui rekaman ulang, secara bersamaan Anda juga bisa merekam acara televisi yang lain. Suatu
fitur yang cukup unik, bukan? Untuk bisa menikmati siaran televisi dengan bagus, kami sarankan untuk menggunakan antena luar dan satu hal yang pasti. Untuk itu Anda membutuhkan sebuah TV-Tuner, baik yang bertipe eksternal maupun yang internal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kami sarankan Anda menggunakan TV-Tuner berjenis Internal.

- My Picture
Pada menu ini, Anda bisa melihat gambar atau foto-foto koleksi kesayangan Anda dengan bentuk slide dan pada saat yang bersamaan Anda juga bisa mendengarkan musik, sehingga dijamin Anda tidak akan bosan ketika Anda dan sekeluarga sedang melihat gambar atau foto-foto tersebut. Hampir seluruh format gambar dan foto didukung oleh fitur ini. Beberapa format yang didukung, antara lain adalah BMP, GIF, JPG, JPEG, PNG, TIF, TIFF, EMF, dan WMF. Tidak diperlukan peripheral tambahan untuk dapat menikmati fitur tersebut, cukup gunakan monitor standar saja.

- Play DVD
Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah menonton koleksi film DVD dan VCD yang Anda miliki. Hampir semua tombol kontrol yang ada pada DVD Player sudah didukung oleh media center wizard tersebut. Selain itu, tombol kontrol tersebut juga sudah diaplikasikan kedalam remote control yang disediakan ketika Anda membeli sebuah TV-Tuner yang sudah mendukung Windows XP Media Center 2005. Tentunya untuk bisa menonton koleksi film DVD dan VCD milik Anda, perangkat PC Anda harus dilengkapi
minimal dengan sebuah DVD-ROM, sebuah monitor atau televisi dan sebuah speaker PC.

- Radio
Anda suka mendengarkan siaran radio FM? Melalui fitur yang satu ini Anda bisa menikmati siaran radio tersebut langsung melalui perangkat PC Anda. Dengan menggunakan remote control dari TVTuner, Anda bisa mencari frekuensi dan siaran radio yang Anda inginkan dengan leluasa. Namun sebelumnya, pastikan dahulu sebelum Anda membeli sebuah produk TV-Tuner, apakah produk tersebut sudah mendukung penggunaan radio FM. Perangkat tambahan yang diperlukan hanyalah sebuah kabel antena internal yang biasanya sudah disertakan di dalam paket TV-Tuner yang Anda beli tersebut. Sebuah speaker PC atau earphone juga diperlukan untuk dapat mendengarkansiaran radio tersebut.

- My Videos
Dengan fi tur yang satu ini, Anda bisa memindahkan rekaman pribadi Anda dari digital camcorder yang sudah Anda hasilkan ke dalam perangkat PC dengan mudah. Anda bisa langsung menikmatinya bersama keluarga Anda. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan rekaman tersebut ke dalam sebuah media CD atau DVD untuk dokumentasi pribadi Anda. Dengan begitu, Anda sudah tidak memerlukan lagi jasa untuk memindahkan isi dari digital camcoder kedalam media CD atau DVD yang memang memerlukan biaya yang cukup mahal. Malahan jika Anda bisa lebih kreatif lagi, fitur ini bisa mendatangkan uang tambahan bagi Anda. Untuk bisa menggunakan fitur ini peralatan dasar yang harus Anda miliki adalah sebuah CD-RW atau DVD-RW didalam perangkat PC Anda. Tentunya ditambah dengan sebuah TV-Tuner yang sudah mendukung fitur tersebut. Beberapa fitur yang terdapat di dalam Windows XP MCE 2005 tersebut, tentunya sedikit banyak telah menjawab pertanyaan Anda tadi. Berbagai fitur tersebut yang menyebabkan penggunaan Windows MCE 2005 sangat disarankan untuk Anda yang ingin membangun sebuah entertainment PC.

Windows XP MCE 2005 Test
Untuk membuktikan kemampuan dari Windows XP MCE 2005 tersebut, kami melakukan serangkaian tes terhadap OS yang satu ini yang sengaja dilakukan untuk memuaskan pembaca. Tes tersebut mendapatkan dukungan penuh dari pihak Microsoft Indonesia.

Secara ekslusif mereka meminjamkan sebuah OS Windows XP MCE 2005 original kepada pihak redaksi dan sebuah PC built-up local yang di dalamnya sudah terintegrasi dengan TV-Tuner dan OS Windows XP MCE 2005.

Dari keseluruhan tes yang kami lakukan, sengaja hanya difokuskan kepada fitur tambahan dari media center itu saja. Karena memang untuk itulah tujuan tes tersebut dilakukan. Hasil yang diperoleh adalah semua fitur yang sudah disebutkan sebelumnya bekerja dengan sangat memuaskan, baik ketika kami mecobanya dengan PC built-up lokal maupun hanya dengan PC rakitan yang merupakan standart test bed kami.

Menurut kami, Windows XP MCE 2005 tersebut sangat cocok untuk menjadi platform utama untuk sebuah barebone, meskipun tentunya barebone sudah mempunyai sebuah aplikasi terintegrasi sendiri di dalamnya.

[11/9/2006] Hiburan Lengkap Bermodalkan Sebuah PC

Anda ingin melengkapi ruang keluarga, kamar, atau ruang kerja Anda dengan perangkat hiburan elektronik seperti DVD player, televisi, ataupun audio Hi-Fi? Tentu biaya yang akan Anda keluarkan tidak sedikit untuk mewujudkannya. Namun hanya dengan sebuah perangkat PC saja, semua keinginan Anda tersebut bisa terwujud tanpa membutuhkan biaya yang berlebih. Bagaimana caranya? Simak “Cover Story” kali ini!



Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan
Ada beberapa persoalan ketika Anda ingin membangun sebuah entertainment PC. Seperti yang sudah disebutkan tadi, selain permasalahan peripheral yang tidak lengkap, dukungan dari software dan tools-tools lain juga sangat diperlukan untuk bias mewujudkan sebuah entertainment PC yang handal. Persoalan seperti format film yang tidak dikenali dan codec (coder-decoder) dari suatu file audio atau film yang tidak tersedia didalam PC sering dijumpai di dalam perangkat PC yang ingin dijadikan sebagai entertainment PC.

Beberapa tip yang akan kami berikan kali ini akan membantu Anda supaya ketika Anda ingin membangun sebuah entertainment PC, terhindar dari permasalahan-permasalahan tersebut.

1. Memutar film dan musik dalam PC.
Dari sekian banyak fungsi yang bisa dilakukan oleh sebuah PC, mungkin salah satu fungsi ini yang paling banyak dikenal dalam masyarakat dan oleh Anda juga tentunya. Namun perlu diketahui pada keadaan standar, aplikasi pemutar film dan musik seperti Windows Media Player, Nero Showtime, MP3-Player, dan lain sebagainya hanya mendukung beberapa format film dan musik saja. Untuk format film dan musik yang tidak didukung dan Anda ingin tetap memutarnya dalam PC tersebut, Anda diharuskan melakukan konversi ke dalam format lain yang didukung oleh aplikasi pemutar film dan musik tersebut.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mencari codec dari format film dan musik tersebut  yang banyak tersedia di Internet. Untuk mendapatkan codec, coba kunjungi situs www.fourcc.org/codecs.php dalam situs tersebut terdapatlebih dari 300 codec lengkap dengan link dimana Anda bisa men-download codec–codec yang Anda inginkan. Selain itu, dalam situs tersebut juga terdapat aplikasi pemutar film dan musik dari codec-codec tertentu, seperti DIVX, BINK, dan masih banyak lagi.

Untuk alternatif yang lain Anda bisa mengunjungi situs www.free-codecs.com jika Anda tidak menemukan jenis codec yang diinginkan pada situs yang pertama tadi. Namun jika tidak mempunyai koneksi Internet, Anda bisa menemukan codec-codec tersebut pada K-Lite Mega Codec Pack 1.49 yang disertakan pada CD ataupun DVD PC Media edisi 04/2006. Tentunya Anda berlangganan PC Media, bukan?

2. Melihat siaran TV dalam PC.
Bagi sebagian orang mungkin fungsi tersebut adalah sesuatu yang baru, namun sebenarnya fungsi ini sudah sejak lama ada dan bisa jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kita ambil saja contoh, yaitu penggunaan TV-Tuner eksternal yang hanya memfungsikan monitor PC sebagai pengganti TV yang banyak diaplikasikan oleh kebanyakan user yang berstatus mahasiswa. Karena memang bisa dipahami kebutuhan mereka akan sesuatu yang praktis dan efi sien menjadi pemikiran yang utama.

TV-Tuner sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu eksternal dan internal. Untuk TV-Tuner berjenis eksternal Anda hanya memerlukan sebuah antena internal atau eksternal dan sebuah monitor PC untuk dapat menikmati tayangan siaran televisi. Namun, fungsi yang ditawarkan juga sangat terbatas jika dibandingkan dengan TV-Tuner berjenis internal.

TV-Tuner berjenis internal mempunyai fungsi yang lebih beragam. Kebanyakan TVTuner jenis ini sudah terintegrasi dengan port antenna TV, antena radio FM, Video-Out, port Digital camcorder, dan port DVD component.

Beberapa TV-Tuner yang beredar dipasaran juga sudah menyediakan remote, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan keyboard atau mouse untuk mengoperasikan fungsi dari TV-Tuner tersebut. Terutama jenis TV-Tuner yang sudah mendukung Windows Media Center Edition 2005.

Selain penggunaan TV-Tuner untuk menonton siaran televisi dalam PC, sebenarnya ada satu cara lagi yang bisa dilakukan jika Anda tidak mempunyai TV-Tuner, yaitu dengan menggunakan fi tur Internet TV. Sudah barang tentu untuk menggunakan fitur tersebut perangkat PC Anda harus dilengkapi dengan koneksi Internet minimal berjenis DSL.

Karena Internet TV biasanya ditayangkan dengan cara streaming dan hal tersebut akan membutuhkan bandwidth yang cukup tinggi. Jika Anda memaksakan memakai Internet dial-up bisa dibayangkan siaran televisi tersebut akan terasa sangat lambat dan tentunya akan banyak “goyang patah-patahnya”. Selain itu, sama seperti penggunaan TV-Tuner, siaran televisi melalui Internet TV juga bisa Anda rekam dengan bebas.

Namun, tentu akhirnya Anda juga yang harus memilih, ingin menikmati siaran televisi  lokal dengan menggunakan TV-Tuner atau menikmati siaran televisi internasional dengan menggunakan internet TV.

3. Membuat sendiri film dengan format DVD.
Salah satu fungsi entertainment PC yang paling menyenangkan menurut penulis adalah kemampuannya untuk menciptakan atau mengonversi sebuah film berformat AVI (atau yang lainnya) ke dalam format DVD (MPEG-2). Untuk bisa melakukan pekerjaan tersebut tentunya diperlukan aplikasi tools pendukung yang ada di dalam perangkat PC Anda. Beberapa aplikasi konversi standar yang disediakan, bahkan yang berlisensi freeware sekalipun sudah menyediakan berbagai fitur dan kemudahan untuk melakukan konversi film dari format standart (AVI contohnya) kedalam format MPEG-2 (DVD dan SVCD).

Fitur dan kemudahan yang disertakan antara lain, Anda bisa membuat menu interaktif dan memasukkan chapter-chapter sesuai dengan yang Anda inginkan ke dalam sebuah film DVD ciptaan Anda. Sama persis dengan kebanyakan film-film dengan format DVD yang dijual dipasaran yang selalu menyediakan menu dan chapter-chapter pilihan. Contoh aplikasi yang bisa digunakan adalah Nero 7 yang biasanya selalu disertakan ketika Anda membeli sebuah DVD-RW baru sebagai standar aplikasi yang digunakan oleh kebanyakan brand DVD-RW.

Terdapat dua jenis media DVD untuk film yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan film sendiri, dua jenis tersebut adalah DVD 9 dan DVD 5. Terdapat perbedaan besar kapasitas pada kedua jenis media DVD tersebut. Kapasitas untuk DVD 9 adalah sekitar 8 GB karena media ini berbentuk dual layer, yaitu baik sisi atas maupun bawah dari media tersebut bisa terpakai. Lain lagi dengan DVD 5 yang hanya berkapasitas sebesar 4.3 GB dan hanya satu sisi saja yang bisa dipakai. Namun kebanyakan film DVD yang beredar di Indonesia masih berjenis DVD 5, jarang yang berjenis DVD 9. Baik yang berstatus sebagai DVD bajakan maupun DVD orisinal.

Jika Anda sangat suka bereksperimen dengan perangkat PC yang dimiliki, ada sebuah fitur yang tentunya akan menarik untuk dicoba. Anda juga bisa memasukkan empat buah film sekaligus ke dalam sebuah media DVD 5 berukuran 4.3 GB dengan kualitas gambar setara DVD.

Namun, kekurangannya adalah Anda tidak bisa menikmati kualitas suara 5.1 yang biasanya memang disertakan dalam setiap film DVD original. Karena jika sebuah film berkualitas DVD sekaligus menyertakan suara Dolby Digital 5.1, kapasitas DVD yang diperlukan sekitar 4.0 GB sendiri. Aplikasi yang digunakan untuk membuat film DVD kompilasi tersebut masih sama dengan yang sudah disebutkan, di antaranya adalah Nero 7 atau WinAVI Video Conveter 7.1. Kami mencoba menggunakan aplikasi yang disebutkan terakhir dan hasilnya sungguh memuaskan. Empat buah film berkualitas DVD dalam sebuah media dan menu ciptaan sendiri merupakan suatu hasil yang membuat kami cukup puas. Dan yang pasti film kompilasi DVD tersebut berasal dari hasil kreativitas kita sendiri.

Beberapa tip yang kami berikan tersebut sedikit banyak akan membantu Anda dalam membangun sebuah entertainment PC yang lengkap dan tangguh. Semakin banyak bisa memfungsikan PC milik Anda, maka sebuah PC bisa dikatakan sudah bekerja secara optimal.

Dengan entertainment PC tersebut, diharapkan Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membeli perangkat elektronik untuk menciptakan sebuah one stop solution multimedia. Anda bisa mendistribusikan biaya tersebut untuk meng-upgrade perangkat PC Anda untuk dijadikan sebuah entertainment PC yang mumpuni.

0 komentar:

Posting Komentar

    daai tv mnctvtv edukasijak tvochaneltvritrans7transtvglobaltvantvrctitvonemetrotvindosiarsctv