21/02/10

freeware 07

[18/12/2007] Best Freeware 2007




Sudah waktunya bagi kami untuk memberikan jajaran freeware terbaik sepanjang tahun 2007 yang secara rutin kami berikan di edisi 12/07. Siapa saja yang menjadi jawara di setiap kategori yang sudah kami tentukan? Simak selengkapnya pada rubrik ini. Alexander Prajonggo Haryo Jularso Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2008, tak terasa akhir tahun sudah sangat dekat. Seperti biasa untuk edisi akhir tahun kali ini kami memberikan daftar para jawara freeware terbaik sepanjang tahun 2007, di mana freeware-freeware ini merupakan kompilasi terbaik dari ratusan freeware yang sudah kami berikan sepanjang tahun 2007 mulai edisi 01/07 sampai dengan edisi 12/07. Masalah keamanan, baik terhadap virus dan spyware masih menjadi isu utama sepanjang tahun ini, di mana para pembuat virus, utamanya virus lokal, semakin kreatif dan juga destruktif. Namun Anda tidak perlu panik, karena dengan antivirus lokal terbaik seperti PCMAV seluruh jenis virus lokal mampu diatasi dengan baik. Tak ketinggalan juga ancaman terhadap PC Anda dari luar ketika Anda menggunakan koneksi Internet, di mana browser Anda tentu tidak sepenuhnya bisa mencegah ancaman tersebut masuk ke dalam sistem PC Anda. Untuk itu, Anda membutuhkan sebuah software firewall yang cukup tangguh, tidak perlu keluar dana untuk membelinya. Kami akan memberikan kepada Anda firewall gratisan yang kemampuannya setara dengan software firewall berbayar. Untuk Anda yang sudah merasa aman dengan PC Anda, namun dipusingkan dengan pengeluaran dana yang tinggi hanya untuk membeli sebuah software pengolah kata, kami juga menyediakan software alternatif yang bisa dinikmati secara gratis. Tentu saja software ini akan membantu produktivitas Anda dalam mengerjakan tugas-tugas kantor ataupun yang lain. Masih banyak lagi aplikasi gratis yang akan kami berikan dan semuanya adalah yang terbaik menurut versi redaksi PC Media. Diharapkan dengan memberikan aplikasi gratis ini, masyarakat luas dapat terbantu dan tidak lagi mengandalkan software-software bajakan yang memang tidak bisa dipungkiri sudah melekat di seluruh lapisan masyarakat. Jika tidak dimulai dari Anda, siapa yang akan memulainya.

 

Pembagian Kategori

Pembagian freeware kali ini dibagi menjadi beberapa kategori yang sudah kami tentukan sebelumnya. Pemilihan kategori ini sendiri kami anggap sudah memenuhi permintaan sebagian besar user yang menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dalam PC mereka. Memang diakui, kami tidak bisa meng akomodasi seluruh keinginan pembaca, tapi kami berusaha untuk menyajikan yang terbaik. Beberapa kategori yang akan kami berikan adalah Anti-Virus & Spyware, Security–Firewall, Internet, System Tools, Digital Image Viewer, Office, dan Multimedia. Aplikasi yang menghuni kategori-kategori tersebut tidak berbeda jauh dengan tahun lalu, karena memang kami melihat belum ada perkembangan yang signifi kan akan freeware baru yang mampu menandingi kemampuan freeware lama tersebut. Bahkan saat ini freeware lama tersebut bisa dibilang semakin sempurna  karena setiap freeware tersebut selalu terupdate dengan hal-hal yang baru baik itu teknologi ataupun fitur-fitur di dalamnya  Seluruh freeware dalam “Cover Strory” kali ini kami sertakan dalam CD dan DVD PC Media. Seluruh freeware bersifat gratis dan bebas untuk didistribusikan dan ada beberapa freeware bersifat open source (bebas dimodifikasi). Selamat menikmati!

 

AVG Anti-Virus Free Edition 7.5

Kategori : Anti-Virus & Spyware

SItus : www.grisoft.com

OS : Windows 98/Me/2000/XP/Vista

Ukuran : 27,23 MB

 

Versi terbaru dari AVG. Tidak banyak antivirus gratis yang bisa bekerja sehebat AVG sampai saat ini. Layak jika ia kembali menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2007. Update secara otomatis masih dimilikinya sehingga mampu melindungi PC Anda dari serangan virus secara mendadak. Salah satu hal yang menarik adalah kemampuan antivirus ini dalam melakukan scan e-mail yang ada di dalam e-mail client Anda.

 

AntiVir Personal Edition Classic 7.06.00.270

Kategori : Anti-Virus & Spyware

SItus : www.free-av.com

OS : Windows All

Ukuran : 20,31 MB

 

Freeware Anti-Virus yang kemampuannya bisa disejajarkan dengan AVG. Antivirus yang satu ini dapat melindungi PC Anda dari serangan virus hingga mencapai lebih dari 80.000 jenis varian virus termasuk virus macro dan trojan beserta variannya  Kekurangan adalah tidak tersedianya update secara otomatis dan fungsi untuk melakukan scan terhadap e-mail.

 

PCMAV RC22

Kategori : Anti-Virus & Spyware

SItus : N/A

OS : Windows 98/2000/XP

Ukuran : 1,5 MB

 

Jika Anda pembaca setia PC Media pasti mengenal antivirus yang satu ini. Tentu saja freeware tersebut adalah PCMAV buatan tim antivirus PC Media. Antivirus ini menjadi yang terbaik untuk membasmi virus-virus lokal yang ada di Indonesia  Mulai dari virus Brontox sampai dengan virus Aduhai mampu dilibas habis dengan antivirus ini. Saat ini PCMAV sudah mencapai versi RC22 yang memiliki update secara online.

 

Spyware Terminator 2.0.1.224

Kategori : Anti-Virus & Spyware

SItus : www.spywareterminator.com

OS : Windows 98/Me/2000/XP

Ukuran : 7,89 MB

 

Untuk Anda yang masih menggunakan Windows 9x, mungkin ini adalah pilihan terbaik. Kemampuan freeware ini dalam memproteksi PC Anda terhadap spyware cukup bisa diandalkan. Dengan teknologi HIPS yang terintegrasi dalam aplikasi ini  Spyware Terminator akan memberikan peringatan ketika ada file yang tidak dikenal masuk ke dalam sistem PC Anda  Sehingga system Anda akan selalu aman dari spyware.

 

Mozilla Firefox 2.0.0.8

Kategori : Web Browser

SItus : www.mozilla.com

OS : Windows 98/Me/2000/XP/Vista

Ukuran : 5,74 MB

 

Masih berstatus sebagai salah satu web browser terbaik tahun ini. Dengan Firefox, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan dibanding ketika Anda menggunakan Internet Explorer (IE). Kelebihan yang paling utama dari Firefox adalah built-in pop-up blocker-nya yang bekerja secara lebih efektif. Browser ini hanya memerlukan 55 MB dari RAM Anda untuk membuka 25 window sekaligus, cukup sedikit resource yang terpakai bila dibandingkan IE.

 

Sunbelt Personal Firewall 4.5.916

Kategori : Security - Firewall

SItus : www.sunbelt-software.com

OS : Windows 2000/XP

Ukuran : 6,18 MB

 

Sunbelt Personal Firewall dulunya dikenal dengan Kerio Personal Firewall (KPF). Setelah Kerio didiskontinyu, Sunbelt berusaha mendapatkannya untuk mempertahankan produk itu. Tentu saja Anda sudah mengenal kehebatan Kerio fi rewall dalam mengamankan system Anda. Secara garis besar kemampuan yang dimilikinya masih sama dengan yang terdahulu  begitupula dengan fi tur dan interface-nya. Praktis hanya nama produk yang berubah.

 

Opera 9.24

Kategori : Web Browser

SItus : www.opera.com

OS : Windows All

Ukuran : 4,96 MB

 

Browser yang satu ini bisa dikatakan memiliki popularitas setara dengan Firefox. Sebagai salah satu browser pengganti IE selain Firefox, kemampuan yang dimilikinya cukup bagus. Ia mampu mengolah cache yang dimilikinya dengan sedemikian rupa sehingga tidak akan memakan banyak resource dari PC Anda. Hal lain yang menarik dari Opera adalah terintegrasinya berbagai macam fasilitas tambahan, seperti mail client, chat client, dan RSS newsfeeder.

 

Comodo Firewall Version 2.4

Kategori : Security - Firewall

SItus : www.comodo.com

OS : Windows 2000/XP

Ukuran : 7,57 MB

 

Comodo Firewall Pro akan mengamankan sistem Anda dari ancaman trojan viruses, malicious software, dan serangan dari luar oleh para hacker. Interface yang digunakan juga cukup friendly sehingga dengan hanya sebuah klik saja Anda bisa mengamankan seluruh system PC Anda. Pada versi terbaru ini ia dilengkapi dengan multilanguage, koneksi diperlihatkan per bytes, dan firewall icon akan muncul setiap kali ada incoming/outgoing traff c.

 

Tor 0.1.2.17

Kategori : Web Browser - Accesories

SItus : www.torproject.org

OS : Windows 98/SE/2000/XP/Vista

Ukuran : 6,29 MB

 

Browser-accesories ini memiliki fitur untuk mengakses situs secara aman dengan cara mengenkripsi seluruh koneksi pada router Tor, sehingga ia mampu melewati hadangan firewall dan segala macam keamanan yang ada pada PC lokal. Aplikasi ini hanya bisa digunakan sebagai plug-ins untuk browser firefox. Untuk bisa menggunakannya baca keterangan dalam website nya, karena untuk orang awam aplikasi ini cukup rumit.

 

Mozilla Thunderbird 2.0.0.6

Kategori : E-mail Client

SItus : www.mozilla.com

OS : Windows 98/Me/2000/XP/Vista

Ukuran : 6,41 MB

 

Salah satu e-mail client terbaik saat ini, yaitu Mozilla Thunderbird. Beberapa fi tur yang dimiliki aplikasi ini sangat beragam  antara lain kemampuan untuk fi ltering terhadap junk-mail, kompatibel dengan RSS feeds, bisa menampilkan format HTML  dan multiple identities. Thunderbird dapat menangani account e-mail, baik itu POP maupun IMAP tetapi yang paling menarik adalah kompabilitas dan dukungannya terhadap Microsoft Exchange Server.

 

Star Downloader Free v1.45

Kategori : Download Manager

SItus : www.stardownloader.com

OS : Windows 95/98/NT/2000/XP

Ukuran : 2,34 MB

 

Salah satu download manager terbaik gratis yang pernah ada. Download manager ini mampu mempercepat waktu download Anda dengan cara membagi-bagi file yang di-download tersebut menjadi beberapa bagian dan kemudian men-download-nya secara simultan. Kecepatan download akan meningkat karena secara otomatis download manager ini memiliki mirror sites yang tercepat. Wajar, jika kami masih memilihnya di tahun ini.

 

Yahoo! Messenger 8.1

Kategori : Instant Mesenger

SItus : www.messenger.yahoo.com

OS : Windows 95/98/Me/NT/2000/XP

Ukuran : 9,94 MB

 

Suka chatting? Tentu Anda mengenal instant messenger yang satu ini. Kemampuan seperti avatar yang dapat dikustomisasi dan emoticon audible yang dapat menyampaikan emosi Anda kepada teman-teman atau kekasih Anda memang sulit ditandingi. Ditambah lagi dengan fasilitas transfer file dengan briefcase sebesar 30 MB dan fasilitas webcam yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Siapa lagi yang mampu menandingi.

 

Azureus 3.0 Release 3.0.3.4

Kategori : Download Manager

SItus : www.azureus.sourceforge.net

OS : Windows All

Ukuran : 5,18 MB

 

Sebuah aplikasi open source yang berbasiskan java dan tersedia dalam berbagai platform, baik Windows ataupun Linux  Fitur yang ditawarkan cukup menarik seperti UPnP dan DHT (Distributed Hash Table). Di samping itu, banyak tersedia plug-ins untuk Azureus, termasuk RSS feed scanner. Kelamahannya, kode dari java akan memakan cukup banyak resource dari PC Anda, jadi Anda memerlukan sebuah PC yang cukup cepat.

 

ICQ 6

Kategori : Instant Mesenger

SItus : www.icq.com

OS : Windows 98SE/Me/2000/XP/Vista

Ukuran : 11,07 MB

 

ICQ 6 memberikan user keleluasaan untuk melakukan komunikasi terhadap beberapa platform mesenger yang lain (cross platform). Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur  digital dan komunikasi mobile yang terintegrasi dalam satu window saja. ICQ 6 juga mendesain ulang client infrastructure dan mengubah user interface menjadi lebih mudah digunakan dan dioperasikan. Anda perlu mencoba IM yang satu ini, dijamin Anda akan ketagihan.

 

Advanced WindowsCare Personal 2.5.5.823

Kategori : System Tools

SItus : www.iobit.com

OS : Windows 2000/XP/Vista

Ukuran : 4,51 MB

 

Freeware yang satu ini sangat mudah digunakan untuk memperbaiki system PC dan Windows Anda. Hanya dengan satu klik saja, Anda bisa menghilangkan berbagai macam masalah pada PC Anda. Anda juga bisa melakukan proteksi, perbaikan, dan pengoptimalan PC Anda dengan aplikasi ini sehingga sistem PC Anda secara keseluruhan akan berjalan lebih kencang, lebih stabil, dan lebih efisien.

 

HD Tune 2.54

Kategori : System Tools

SItus : www.hdtune.com

OS : Windows 2000/XP/2003/Vista

Ukuran : 628 KB

 

Salah satu predikat freeware terbaik pantas diberikan untuk aplikasi ini. Kemampuan melakukanbenchmark terhadap media penyimpanan baik yang berupa harddisk ataupun media portable, seperti USB flash disk terbilang cukup baik, belum ada satu aplikasi gratis yang bisa menandingi kemampuannya. Selain itu, HD Tune juga kami gunakan sebagai salah satu official software test bed untuk pengetesan storage device di lab. PC Media.

 

XnView v1.91.6

Kategori : Image Viewer

SItus : www.xnview.com

OS : Windows All

Ukuran : 3,49 MB

 

Secara keseluruhan, fitur dan fungsi yang ada dalam freeware ini sama dengan yang dimiliki oleh Irfanview. Yang bisa membedakan adalah interface yang dimiliki keduanya berbeda satu sama lain. Namun, untuk interface kami merasa lebih nyaman dengan menggunakan XnView dibandingkan Irfanview. Versi standar berukuran sekitar 3,3 MB dan versi komplit dengan seluruh plug-ins mencapai 6,8 MB.

 

CPU-Z 1.41

Kategori : System Tools

SItus : www.cpuid.com

OS : Windows 95/98/NT/2000

Ukuran : 377,79 KB

 

Sudah sangat banyak aplikasi yang memiliki fungsi serupa. Tinggal pilih aplikasi yang paling cocok. Sebagai alternatif lain gunakan CPU-Z. Fungsinya adalah untuk mengidentifi kasikan setiap informasi sistem di komputer, termasuk CPU, RAM  mainboard, maupun operating system. Aplikasi ini sudah men-support banyak macam processor dan selalu ter-update di setiap versinya. Aplikasi ini juga digunakan sebagai aplikasi tes di lab PC Media.

 

OpenOffice.org 2.3.0

Kategori : Office - Office Suite

SItus : www.openoffice.org  

OS : Windows all, 98 up to Vista

Ukuran : 119 MB

 

OpenOffice mampu membuka bermacammacam file Microsoft Office, seperti teks dokumen, spreadsheet, sampai dengan file-file presentasi. Dengan berbasis suite, memang aplikasi ini masih memakan resource yang cukup tinggi sehingga ketika Anda membuka window secara bersamaan akan terasa cukup lambat, kecuali PC Anda memakai RAM minimal sebesar 256 MB.

 

Irfanview 4.10

Kategori : Image Viewer

SItus : www.azureus.sourceforge.net

OS : Windows All

Ukuran : 1,1 MB

 

Irfanview mampu menampilkan lebih dari 400 tipe file graphic dan bisa mengonversi file-file tersebut ke dalam lebih dari 50 format. Ia bisa menampilkan gambar secara cepat, baik dalam keadaan full screen, slideshow, ataupun thumbnails  Freeware ini juga bisa melakukan image processing sederhana, seperti mengatur brightness, color, memberikan filter atau efek, croping photo, re-zize, dan converting. Wajar jika kemudian ia menjadi freeware terbaik.

 

Foxit Reader 2.2 Build 2129

Kategori : Offi ce - PDF Reader

SItus : www.foxitsoftware.com

OS : Windows All

Ukuran : 3,36 MB

 

Anda ingin membuka file PDF secara cepat, gunakan Foxit PDF Reader. Aplikasi gratis ini mampu menandingi kemampuan dari Acrobat Reader yang cenderung lambat dan memakan banyak resource. Kemampuannya lumayan banyak, seperti membuka file berformat pdf secara cepat atau sekaligus mencetaknya. Salah satu fitur yang menonjol adalah browser integration yang dimiliki oleh aplikasi ini.

 

7-Zip 4.52 beta

Kategori : Compression & Backup

SItus : www.7-zip.org.org

OS : Windows 98/Me/NT/2000/XP

Ukuran : 841 KB

 

Aplikasi ini berdiri di bawah bendera open source. Kebanyakan source code-nya ada di bawah lisensi GPL. Misal, kode AES yang termasuk ke dalam lisensi BSD. Anda dapat menggunakan 7-Zip di komputer apa saja, termasuk di kantor untuk keperluan komersial. Fitur-fitur utama yang ada pada 7-Zip adalah rasio kompresinya yang tinggi, sekitar 2 sampai 10 persen lebih baik. Ini yang menjadikannya lebih baik dari yang lain.

 

Winamp 5.5

Kategori : Multimedia

SItus : www.nullsoft.com

OS : Windows 98/2000/XP

Ukuran : 8,21 MB

 

Salah satu aplikasi wajib untuk PC Anda. Sejak era MP3 diperkenalkan, aplikasi ini sudah merebut hati para penggunanya  Mulai dari versi 1.x hingga sekarang ke versi 5.x, Winamp selalu melakukan perubahan yang menarik. Tersedianya skin ataupun visualisasi yang berlimpah ditambah dengan kemampuan untuk menampilkan format video, semakin menambah keperkasaan Winamp.

 

CDBurnerXP Pro ver.4.0.015.277

Kategori : Optical Drive Tools

SItus : www.cdburnerxp.se

OS : Windows 2000/XP/2003/Vista

Ukuran : 2,25 MB

 

Kali pertama mencoba aplikasi ini adalah interface- nya yang sangat mudah untuk digunakan. Kemudahan penggunaan aplikasi ini sebanding dengan software berbayar seperti Nero ataupun Roxio belum lagi fasiltas yang dimiliki oleh aplikasi ini cukup berlimpah, seperti adanya fi tur untuk audio ripping dan CD cover creator. Aplikasi ini dapat dipakai untuk melakukan burning pada media CD ataupun DVD sesuai dengan kemampuan drive optik Anda.

 

MediaMonkey 2.5.5.998

Kategori : Multimedia

SItus : www.mediamonkey.com

OS : Windows 98/Me/NT/2000/XP

Ukuran : 4,83 MB

 

Selain sebagai player untuk kompilasi musik Anda, aplikasi ini juga berfungsi untuk melakukan ripping, convert, dan burning. Beberapa format audio yang didukung dalam proses convert adalah MP3, WMA, OGG, dan WAV. Aplikasi ini terintegrasi dengan Winamp dan Nero CD burning untuk melakukan burning dan kemampuan untuk melakukan synchronize terhadap media audio portable seperti iPod.

 

Nero CD-DVD Speed 4.7.7.5

Kategori : Optical Drive Tools

SItus : www.cdspeed2000.com

OS : Windows All

Ukuran : 799 KB

 

Selain bisa digunakan untuk benchmark, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui kualitas dari sebuah CD/DVD kosong maupun yang sudah di-burn dan telah berisi data. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menekan tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh drive optik Anda dengan cara mengatur kecepatan drive optik tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda melalui Nero CD-DVD Speed.

 

Audacity 1.3.3 (Beta)

Kategori : Multimedia

SItus : www.audacity.sourceforge.net

OS : Windows 98/Me/2000/XP/Vista

Ukuran : 2,6 MB

 

Fungsi utama Audacity digunakan untuk melakukan mixing dan memberikan effect ke dalam rekaman yang Anda ciptakan. Ia juga memiliki built-in amplitude-envelope editor, spectrogram mode yang bisa dikustom, dan frequency-analysis window untuk aplikasi audio-analysis. Terdapat juga built-in effect, seperti bass boost, wah wah, dan noise removal, ia juga mendukung VST plug-in effects.

0 komentar:

Posting Komentar

    daai tv mnctvtv edukasijak tvochaneltvritrans7transtvglobaltvantvrctitvonemetrotvindosiarsctv