21/02/10

2 mini tools

[29/8/2005] 27 Mini Tools

Size does matter, sebuah ungkapan yang kurang tepat jika diterapkan kali ini. Ukuran file minimal, bahkan ada yang berukuran hanya puluhan kilo Byte. Inilah 27 mini tools yang akan membuat PC Anda lebih hidup.

Permasalahan besar, kebanyakan bermula dari sejumlah permasalahan kecil yang berkumpul menjadi besar. Hal ini juga dapat terjadi, dengan Anda saat bekerja dengan PC. Dan sebetulnya solusinya cukup sederhana. Demikian sederhananya, sehingga yang Anda butuhkan tidak lebih dari sebuah aplikasi tool yang berukuran mungil. Tidak akan memakan space harddisk pada PC Anda.

Mini tool memang sebuah aplikasi sederhana. Jangan harapkan ia akan dapat menyelesaikan semua masalah. Kebanyakan bersifat spesifik. Hanya dapat menangani satu kategori . Namun dengan spesialisasi yang kemungkinan tidak akan didapatkan pada tool yang bersifat universal. Dan seperti biasa, yang kami sajikan kali ini adalah mini tool
dengan lisensi freeware, sehingga dana tambahan yang diperlukan minim. Namun, dengan hasil yang maksimal.

Mini Tool Datang, Masalah Hilang
Katakanlah VGA yang Anda rasakan kurang optimal. Sebelum Anda akhirnya memutuskan untuk memensiunkan dini VGA Anda untuk menggantinya dengan yang baru. Perkenankan kami untuk mempersilakan Anda mencoba beberapa mini tool kategori video tweak, yang mungkin dapat sedikit memperpanjang masa jabatan VGA bertahta di PC Anda.

Atau drive optik yang Anda rasa berisik. Dan terasa mengganggu kenikmatan saat katakanlah menonton film, dengan dengungannya yang menyebalkan. Ini juga dapat teratasi dengan sebuah mini tool yang ukurannya hanya 276 kilo Byte!

Lebih Lanjut
Ulasan lebih lengkap dan terperinci dapat Anda baca selanjutnya. Kebanyakan mini tool juga kami sertakan dalam CD PC Media pada edisi kali ini (untuk pembaca PC Media edisi regular). Jadi Anda dapat mencobanya langsung, dan merasakan langsung kegunaannya pada PC Anda.

Meskipun sebagian besar memiliki lisensi freeware, beberapa di antaranya tidak dapat disertakan dalam CD. Dikarenakan regulasi distribusi, yang terdapat dalam EULA aplikasi tersebut.

Untuk info lebih lanjut, kami juga menyertakan URL situs produk yang bersangkutan. Anda dapat mencari info tambahan, atau update versi selanjutnya. Juga untuk mondownload langsung, bagi Anda yang pembaca PC Media edisi ekonomis (tanpa CD).

7-Zip 4.20
Kategori : Data Archiver
Situs : www.7-zip.org
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 1,02 MB

Masih mengandalkan WinZip untuk membuka file terkompresi? Tahukah Anda 7-Zip juga tidak kalah dibanding WinZip?

Sudah mendukung berbagai format terkompresi. Seperti 7z, ZIP, CAB, RAR, ARJ, GZIP, BZIP2, TAR, CPIO, RPM, dan DEB. Format kompres 7z sendiri mampu mengompresi data hingga 70% lebih baik dibandingkan dengan format zip. Dan aplikasi ini berlisensi GNU LGPL.

AmazingMIDI
Kategori : Audio Converter
Situs : www.pluto.dti.ne.jp/~araki/amazingmidi/
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 743 kB

Anda gemar mengganti nada dering pada ponsel Anda. Bingung cara mentransfer lagu menjadi bentuk MIDI?

AmazingMIDI sebuah mini tool yang tepat. Dapat mengubah dari format WAV ke MIDI dengan mudah. Dengan kualitas yang terbilang memadai. Sebaiknya tentukan tone file, sebagai nada pembanding yang ideal. Ini akan menentukan file MIDI yang akan dihasilkan.

ATITool 0.0.24
Kategori : Video Tweak
Situs : www.techpowerup.com/atitool/
OS : Windows 95/98/Me/2000/XP
Ukuran : 1,00 MB

Sesuai dengan namanya, ATITool memang dikhususkan penggunaannya untuk VGA card dengan VPU (video processor unit) ATI. Aplikasi sejenis untuk GPU (graphic processor unit) dari Nvidia adalah RivaTuner.

Dengan bantuannya, dapat dengan mudah menenentukan core dan memory clock maximum dari VGA card Anda. Sebelum mulai mengeluarkan visual artifact yang akan mengganggu. wxMusik 0.3.1.2

CDCheck 3
Kategori : CD/DVD Tools
Situs : www.elpros.si/CDCheck/
OS : Windows 95/98/Me/2000/XP
Ukuran : 1,11 MB

Perhatikan tumpukan koleksi CD Anda. Seiring bertambahnya waktu, data di dalam CD tidak semuanya masih dapat terkases dengan sempurna. Bagaimana cara memastikan hal ini dengan mudah?

CDCheck akan membantu Anda melakukan hal ini. Dapat juga dimanfaatkan untuk menyelamatkan data pada CD/DVD. Dengan memanfaatkan recovery mode yang dimilikinya.

CDex 1.51
Kategori : CD Audio Ripper
Situs : http://cdexos.sourceforge.net
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 1,90 MB

Dengan CDex, proses ripping CD audio bisa dilakukan dengan mudah, simpel, dan cepat. Hasil audio kompresinya pun terbilang memuaskan.

Tersedia bermacam encoder. Mulai dari WAV, MP3, OGG, VQF, hingga APE. Untuk kualitas suara, tersedia pilihan jitter correction dan normalization audio. Tidak perlu susah payah mengisi ID3 tag. Apalagi dengan memanfaatkan data CDDB.

ClockGen
Kategori : CPU Tweak
Situs : www.cpuid.org/clockgen.php
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 158 kB

Akan sangat cocok bagi pengguna PC yang ingin mengoptimalkan kecepatan PC-nya. Ia mampu melakukan overclocking untuk CPU, memory, AGP, dan PCI bus. Beberapa motherboard dengan chipset baru dan lama juga didukungnya

Sayangnya, aplikasi ini tidak kompatibel untuk semua motherboard. Info lengkap tersedia pada situsnya. Itu sebabnya tidak disertakan pada CD kali ini.

Convert
Kategori : Converter
Situs : www.joshmadison.com/software/
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 152 kB

Tahukah Anda bahwa satu tahun sama dengan 3.16224e+007 detik? Ini hanya hasil perkalian sederhana. Namun, mini tool ini mampu melakukan konversi satuan dengan cukup lengkap.

Masing-masing satuan dipisahkan dalam tab khusus. Sesuai dengan ukuran dan dimensi yang digunakan. Sangat berguna, dibandingkan jika Anda masih mengandalkan konversi yang tersedia pada buku agenda ataupun ponsel Anda.

CPUInfo 2.1.3
Kategori : System Info
Situs : www.pcanalyser.com/eng/index.html
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 308 kB

Tidak setiap orang mengenal secara dekat CPU yang terpasang pada PC yang digunakan. Dengan sistem penamaan baik Intel maupun AMD, agak sulit untuk langsung menerjemahkan clock kerja CPU.

CPUInfo mampu menampilkan keterangan detail dari CPU yang terpasang. Mulai dari mendeteksi type processor, clock ratio, cache level 1 dan 2, juga instruction set extensions.

CPU-Z 1.29
Kategori : System Info
Situs : www.cpuid.org/cpuz.php
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 298 kB

CPU Z cocok untuk mengenali CPU yang terpasang dengan lebih dekat. Juga jika sekiranya Anda ragu dan mencegah penipuan katakanlah saat membeli processor bekas.

Selain mendeteksi CPU secara detail, ia juga dapat menendeteksi sekiranya dilakukan overclocking dengan CPU. Sedikit catatan, terkadang jumlah L2 cache yang ditunjukan tidak tepat (karena dijumlah dengan L1 cache).

Cuttermaran 1.63
Kategori : Video Editing
Situs : www.cuttermaran.de
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 915 kB

Sebuah video editing gratisan? Apalagi yang ukuran filenya mini, apa ada? Untuk menggunakan video editor Cuttermaran, hanya perlu mendownload file terkompresi sebesar kurang dari 1 MB.

Memang tidak sehebat video editing profesional. Setidaknya dapat dimanfaatkan untuk memotong juga menggabungkan beberapa potongan clip (MPEG1/2 video dan AC3 audio).

dBAmp Music Converter 11.0
Kategori : Audio Converter
Situs : www.dbpoweramp.com
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 1,84 MB

Nama lengkapnya adalah dBpowerAmp Music Converter 11.0. Ukuran file yang perlu di-download untuk dapat menikmati aplikasi yang bertenaga ini juga kurang dari 2 MB.

Dengan mudah Anda dapat mengkonversi file audio, dengan mengakses klik kanan mouse Anda. Anda juga dapat menambahkan plug-in untuk menambah coding kompresi audio yang mampu dilakukannya.

HDD Health 2.1 Build 159
Kategori : Backup & Data Tools
Situs : www.panterasoft.com
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 901 kB

Kehilangan data bisa menjadi hal yang menyakitkan. Bisa saja disebabkan kelalaian, serangan virus, atau bisa saja umur mekanis harddisk yang sudah di penghujung ajal.

HDD Health dapat memonitor “kesehatan” harddisk, melalui fitur SMART (Self Monitoring and Reporting Technology), yang tersedia pada harddisk. Dan akan memberikan peringatan dini, jika terjadi kerusakan.

ISP Monitor 5.2.2
Kategori : Bandwith Monitor
Situs : www.ispmonitor.be/software/
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 3,05 MB

Tidak semua pengguna PC memiliki koneksi Internet tidak berbatas (unlimited). Jika Anda masih menggunakan koneksi Internet dengan quota tertentu, ia dapat dimanfaatkan untuk mengetahui bandwidth yang sudah digunakan.

ISP Monitor, menampilkannya dengan cukup informatif dengan tampilan realtime. Dilengkapi dengan tambahan fasilitas seperti e-mail checker, hard disk monitor, dan speed test.

Media Player Classic 6.4.8.4
Kategori : Video Players
Situs : http://sourceforge.net/projects/guliverkli/
OS : Windows 2000/XP
Ukuran : 1,91 MB

Jika Anda sering memanfaatkan PC sebagai alat hiburan multimedia, tentu kenal dengan aplikasi Media Player. Beberapa pengguna lebih familiar dengan interface Media Player 6.x terdahulu. Inilah yang ditawarkan mini tool satu ini.

Dengan interface yang klasik. Namun dengan tambahan kemampuan di sanasini. Bahkan mampu menyetel DVD atau beberapa format video lainnya.

Monitor Calibration Wizard
Kategori : Video Tweak
Situs : www.hex2bit.com/products/product_mcw.asp
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 771 kB

Pernahkah Anda merasa warna yang ditampilkan monitor Anda tidak natural. Atau mata sering terasa lelah, ketika berlama-lama di depan layar monitor. Ini mungkin karena monitor belum terkalibrasi. Aplikasi mungil ini dapat membantu melakukan kalibrasi monitor secara sederhana. Memang tidak seakurat produk profesional. Setidaknya dapat membantu memperbaiki gambar yang dihasilkan monitor Anda.

MoveOnBoot 1.9.5
Kategori : Backup & Data Tools
Situs : www.gibinsoft.net
OS : Windows 95/98/Me/2000/XP
Ukuran : 595 kB

Sesekali Anda menemukan file yang tidak mau di-Move atau Delete. Windows memberikan pesan kesalahan, dan menyatakan bahwa file tersebut sedang digunakan. Padahal Anda tidak merasa melakukannya. Restart pun tidak membawa hasil.

MoveOnBoot 1.9.5 mengatasi masalah seperti ini. Ia akan dengan mudah menghapus file yang diinginkan, sebelum Windows mulai memegang kendali.

Nero DriveSpeed 3.00
Kategori : CD/DVD Tools
Situs : www.cdspeed2000.com
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 276 kB

Bisingnya suara drive optik saat beraksi dengan kecepatan penuh, kadang terasa mengganggu. Baik saat menonton DVD, juga di tengah game. CD yang dibaca dalam putaran penuh juga memiliki risiko lebih tinggi untuk terbaca dengan tidak sempurna.

Drive Speed membantu untuk membatasi kecepatan proses baca drive optik. Ini berarti menekan tingkat kebisingan yang berasal dari drive optik.

NVIDIA BIOS Editor 2.2
Kategori : Video Tweak
Situs : www.mvktech.net
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 629 kB

NVIDIA BIOS Editor, atau disingkat dengan akronim NiBiTor. Dari namanya, jelas apa saja yang mampu dilakukan oleh mini tool yang satu ini.

Mulai dari mengubah tampilan dan tulisan yang muncul, sesaat PC berhasil mengakses BIOS pada VGA. Mengganti kecepatan kerja GPU dan memory clock. Mengaktifkan fasilitas tambahan, seperti SBA (Side Band Addressing). Dapat digunakan mulai dari VGA versi TNT2.

OEQuick Backup 1.3
Kategori : Backup & Data Tools
Situs : www.oehelp.com
OS : Windows running Outlook Express 5 or 6
Ukuran : 1,90 MB

Mini tool ini mungkin tidak Anda perlukan. Jika Anda tahu pasti bagaimana cara melakukan back-up e-mail dan address book dari Outlook Express. Dan proses sebaliknya, restore dari file back-up.

Jika Anda belum mengetahui, atau malas repot melakukan triknya, mini tool ini dapat membantu. Proses back-up ataupun restore Outlook Express dapat dilakukannya dengan mudah.

Prime95
Kategori : CPU Test
Situs : www.mersenne.org/prime.htm
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 1,01 MB

Aplikasi yang satu ini cukup melegenda. Banyak diandalkan di kalangan para overclocker, untuk mencoba kestabilan sistem.

Sesuai namanya, aplikasi ini mencoba menyusun bilangan prima. Menggunakan persamaan Fast Fourier Transform. Ini akan sangat menguras resource sistem. Terutama untuk CPU, lebih khusunya FPU (floating point unit) dan RAM (termasuk cache CPU).

RivaTuner 2.0 RC 15.6
Kategori : Video Tweak
Situs : www.guru3d.com/rivatuner/
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 1,11 MB

Tidak sesuai dengan namanya, utility tweak yang satu ini mampu digunakan pada hampir seluruh jajaran VGA dengan GPU Nvidia. Juga beberapa fasilitas yang juga dapat dimanfaatkan untuk VGA denagn VPU ATI Radeon.

Mulai dari tweaking sederhana, seperti optimal kerja DirectX, OpenGL, tampilan warna overlay. Sampai driver level untuk OC, seperti mengganti GPU dan memory clock.

Smart Recovery 4.5
Kategori : Backup & Data Tools
Situs : www.pcinspector.de/smart_media_recovery/
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 6,08 MB

Akan berguna untuk pengguna kamera digital yang menggunakan removable storage. Seperti Compact Flash, Smart Media, Memory stick, Secure Digital Card, Microdrive, dan Multimedia Card.

Jika tanpa disengaja menghapus gambar penting, ia dapat diandalkan untuk menghadirkan kembali rekaman momen penting tersebut. Juga termasuk beberapa file audio dan video dapat diselamatkannya.

SpeedFan 4.24
Kategori : System Monitoring & Tweak
Situs : www.almico.com/speedfan.php
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 1,33 MB

Masih ingat MotherboardMonitor? Sebuah sistem monitor yang sangat berguna. Sayangnya, aplikasi ini sudah tidak di-update lagi oleh developer-nya.

SpeedFan memiliki banyak kesamaan dengannya. Bahkan dengan beberapa fungsi tambahan. Seperti display sensor suhu harddisk, mengendalikan kecepatan fan. Dan ia terbilang mengenali chip monitor dengan lebih baik ketimbang MotherboardMonitor.

TrueCrypt 3.1a
Kategori : Data Encryption
Situs : www.truecrypt.org
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 640 kB

Anda memiliki data yang sensitif dan perlu diamankan? Jika keamanan data Anda anggap penting, TrueCrypt dapat diandalkan.

TrueCrypt melakukan on-the-fly-en-crypted volume. Ia tidak menulis temporary data pada harddisk. Data yang tersimpan tidak akan dapat dibuka dengan mudah, tanpa menggunakan password ataupun encryption key yang tepat. Dengan algoritma enkripsi 256-bit.

Unstoppable Copier 1.9
Kategori : Backup & Data Tools
Situs : www.roadkil.net
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 47 kB

Pernahkah Anda mencoba meng-copy file dari sebuah CD yang sudah tergores. Terkadang, file tidak berhasil di-copy. Dan ini juga dapat terjadi pada media yang lain. Padahal data tersebut sangat penting untuk Anda.

Unstoppable Copier mampu melanjutkan proses copy, hingga tuntas. Meskipun sebagian file mengalami kerusakan. Cukup membantu proses recovery data.

VirtualDub 1.5.10
Kategori : Video Editing
Situs : www.virtualdub.org
OS : Windows 2000/XP
Ukuran : 766 kB

VirtualDub masih tertinggal jauh, jika dibandingkan dengan aplikasi video editing professional seperti Adobe Premiere. Tapi sama sekali tidak bisa dipandang remeh. Mampu melakukan batch-processing, yang akan terasa membantu penggunanya. Sehingga Anda tidak perlu menunggu di depan PC, sebelum melakukan proses berikutnya. Kita tunggu, apakah update berikutnya mendukung aplikasi 64-bit.

wxMusik 0.3.1.2
Kategori : Audio
Situs : http://musik.berlios.de/
OS : Windows 98/Me/2000/XP
Ukuran : 1,71 MB

Kemudahan mungkin belum semudah Winamp. Apalagi bagi pengguna Winamp akut yang sudah bertahun-tahun. Namun fungsi, nyaris menyerupai iTune. Setidaknya untuk fungsi music library-nya.

Semua itu hanya dengan men-down-load file berukuran kurang dari 2MB. Untuk suara, Anda diberi kesempatan menyesuaikan sesuai selera, dengan tersedianya 16-band dual-channel equalizer..

0 komentar:

Posting Komentar

    daai tv mnctvtv edukasijak tvochaneltvritrans7transtvglobaltvantvrctitvonemetrotvindosiarsctv