21/02/10

mengirim dan menerima FAX window xp

[10/12/2004] Mengirim dan Menerima Fax dengan Windows XP

Jika menggunakan Windows XP, Anda dapat menyumbangkan mesin fax Anda ke badan amal dan menggunakan ruang meja untuk sesuatu yang lebih berharga—satu kotak donat, misalnya.

1. Instal Fax
Layanan fax tidak secara otomatis diinstal pada Windows XP. Untuk menginstal fax, buka Control Panel, dan klik Add or Remove Programs. Klik Add/Remove Windows Components. Klik kotak Fax Services, kemudian klik Next. Windows Component Wizard akan menyelesaikan sisanya. Perlu dicatat, jika Anda belum mempunyai modem yang sudah terinstal, lakukan itu sekarang. Pastikan modem tersebut terhubung ke saluran telepon dan  saluran telepon terhubung ke jack yang benar (Anda akan terkejut mengetahui berapa banyak orang yang melewatkan hal ini).

2. Masukkan Informasi Pengirim
Setelah fax terinstal, langkah berikutnya adalah mengonfigurasinya. Proses konfigurasi fax dilakukan di Fax Console, pusat untuk fax. Untuk menjalankan Fax Console, klik Start, pilih All Programs, pilih Accessories, pilih Communications, pilih Fax dan kemudian klik Fax Console. Pada menu Tools, klik Configure Fax, yang akan menjalankan Fax Configuration Wizard. Klik Next untuk mulai mengonfigurasi fax. Pada halaman Sender Information, masukkan nama Anda atau nama perusahaan Anda dan nomor fax. Yang lainnya pada halaman tersebut adalah opsional.

3. Pilih Perangkat Fax
Pada halaman Select device for sending or receiving faxes, modem Anda akan dipilih kecuali jika Anda mempunyai lebih dari satu, pilihlah yang sesuai. Tentukan option penerimaan dan pengiriman, dan apakah Anda ingin menjawab fax yang masuk secara manual atau otomatis. Pada halaman Transmitting Subscriber Identification (TSID) and Called Subscriber Identification (CSID), masukkan nama perusahaan Anda dan nomor fax. Pada halaman Routing Options, tentukan bagaimana fax masuk ditangani. Semua fax secara otomatis disimpan di Fax Console, tetapi Anda dapat juga mencetak atau menyimpannya pada folder lokal atau pada jaringan Anda.

4. Pilih Dokumen yang Akan Di-fax
Anda dapat menge-fax dokumen yang tersimpan pada komputer atau Anda dapat men-scan dokumen dan menge-fax-nya. Di sini, kita akan menge-fax dokumen yang tersimpan pada komputer. Untuk itu, pada menu File dokumen tersebut, pilih Print. Pada kotak dialog Print atau Print Setup, di kotak Printer name, pilih Fax untuk menjalankan Send Fax Wizard. (Pada waktu menge-fax dari program Office, pada menu File, pilih Send To, dan kemudian klik Fax Recipient. Office Fax Wizard akan menanyakan beberapa informasi tertentu dan kemudian menyerahkannya kepada Send Fax Wizard.

5. Kirim Fax
Masukkan nama dan nomor fax penerima, atau klik Address Book, dan pilih salah satu atau beberapa penerima seperti halnya mengirim e-mail. Pada halaman Prepares the Cover Page jika Anda ingin menggunakan halaman depan klik kotak Select a cover… dan pilih halaman depan. Pada halaman Scheduling, tentukan kapan fax harus dikirim dan prioritasnya. Prioritas hanya berpengaruh jika Anda menumpuk beberapa fax untuk dikirim sekaligus. Terakhir, Anda akan melihat rangkuman detail fax dan pilihan untuk melihat preview-nya. Jika Anda mengirim fax dengan segera, Fax Monitor akan mulai mengirim dokumen tersebut.

6. Terima Fax
Setelah menginstal dan mengonfigurasi fax, menerima fax sangat mudah. Untuk melihat fax yang masuk, buka Fax Console, dan klik Inbox. Klik ganda entri untuk melihat fax dalam Windows Picture and Fax Viewer. Fax merupakan file gambar dalam format TIFF, jadi mereka tidak dapat diedit seperti halnya file teks. Namun Anda dapat melihat, memutar, dan melakukan berapa hal dasar terhadap dokumen fax tanpa perlu membuka program image editing. Untuk mencetak fax, klik kanan, dan klik Print. Untuk mengirim fax sebagai e-mail attachment, klik-kanan, pilih Send To, dan kemudian pilih Mail Recipient.

Menginstal Modem
Anda harus logon sebagai administrator atau anggota grup Administrators untuk menyelesaikan langkah ini. Klik Start, klik Control Panel, klik kategori Printers and Other Hardware, dan kemudian klik ganda Phone and Modem Options. Jika Anda diminta untuk mengisi informasi lokasi, masukkan sesuai dengan lokasi Anda, kemudian klik OK. Pada tab Modems, klik Add. Ikuti petunjuk pada Install New Modem Wizard.

Jika Anda menginstal modem eksternal dan tidak disediakan kabel, lihatlah petunjuk dari pabrikan. Jangan gunakan konverter 9-ke-25 yang biasanya datang dengan mouse, karena beberapa dari mereka tidak membawa sinyal modem.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email