21/02/10

info tentang komputer

[7/9/2004] Berbagi File dengan Yahoo! Messenger

Ada beberapa file yang sebenarnya dapat Anda bagi dengan teman-teman tanpa harus repot-repot mengirimkannya. Teman Anda tersebut dapat dengan mudah mengambil file tersebut dengan atau tanpa izin Anda. Begitu pula sebaiknya. Caranya, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas shared files yang dimiliki oleh Yahoo! Messenger.

1. Jalankan Yahoo! Messenger
Jika sudah menginstal Yahoo! Messenger, maka jalankan Yahoo! Anda. Jika belum memilikinya, Anda dapat menginstalnya secara cuma-cuma melalui situsnya (www.yahoo.com). Jika sudah terinstal, buatlah account pada Yahoo!. Namun jika sudah memiliki account di Yahoo!, maka Anda dapat menggunakan account tersebut. Setelah Yahoo! dijalankan, daftarkan nama teman-teman yang akan saling berhubungan dengan Anda. Mendaftarkannya bisa melalui alamat e-mail atau nick name yang teman Anda gunakan.

2. Atur Fasilitas File Transfer
Setelah Yahoo! dijalankan, pilih Login|Preference. Lalu pada halaman Preference buka halaman file transfer. Pada halaman ini, semua yang berkaitan dengan distribusi file yang Anda miliki atau yang akan diambil dapat diatur. Mulai dari file yang dikirimkan kepada Anda, sampai bagaimana orang lain ingin mengambil file Anda. Lalu pada directory, Anda dapat menentukan folder tempat file yang diambil maupun yang akan dibagi. Sebenarnya Yahoo! sudah menyediakan folder khusus, namun Anda dapat selalu mengubahnya dengan menggunakan tombol browse di samping boks directory tersebut.

3. Masukkan File ke dalam Folder
Jika sudah menentukan folder yang akan digunakan, maka sebagai langkah selanjutnya Anda harus memasukkan file yang akan dibagi ke dalam folder yang memang diperuntukkan untuk berbagi file, yaitu folder shared. Sedangkan folder yang memang dipergunakan untuk mengambil atau menerima file disebut folder receive.Cara memasukkan file ke dalam folder ini sama saja seperti memasukkan file ke folder biasa. Anda dapat menggunakan cara copy/cut lalu paste atau dengan cara move. Semuanya sama saja.

4. Laporan Pengaksesan
Siapapun yang mengambil file Anda baik dengan izin atau tanpa izin, maka Anda akan selalu dapat mengetahuinya melalui file transfer status yang akan muncul pada layar. Pada file transfer status ini, Anda dapat mengetahui file mana (lengkap dengan ukurannya) yang sedang/telah di-download oleh siapa dan bagaimana statusnya, apakah telah sepenuhnya ter-download atau belum. Setelah selesai, jika ingin menghapusnya cukup tentukan mana yang akan dihapus lalu tekan tombol clear finished.

5. Jika Ingin Mengambil File
Anda juga dapat melakukan hal sebaliknya, yaitu mengambil file yang disediakan oleh rekan Anda dalam Yahoo! Messenger. Caranya, klik kanan pada rekan yang akan Anda ambil file-nya, lalu pilih View shared files, atau melalui Tools|View Friends|Shared File. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukan id rekan yang akan Anda ambil file-nya sekali lagi. Jika sudah benar tekan OK. Maka, Anda akan dapat memasukkan folder yang diizinkan. Jika tidak jadi, maka Anda dapat menekan tombol Cancel.

6. Memasuki Folder
Jika sudah selesai langkah kelima, maka Anda tinggal menunggu izin si pemilik folder atau jika si pemilik mengatur file transfernya tanpa izin, maka Anda dapat dengan langsung melihat isi folder-nya dan dapat dengan bebas men-download isinya. Pada halaman yang akan terbuka, Anda juga dapat mengunjungi briefcase rekan Anda tersebut. Folder yang dituju, tentu saja folder shared pada briefcase. Folder ini fungsinya hampir sama dengan folder shared yang diterangkan di atas tadi, hanya bedanya folder ini bersifat selalu online. Tidak perlu menunggu si pemilik folder online terlebih dahulu.

7. Men-download File
Pada bagian atas terdapat tombol browse. Gunanya tombol ini adalah untuk menentukan letak file yang nantinya akan di-download dari rekan Anda. Atau jika Anda ingin mengubah alamat directory yang memang sudah diberikan (lihat pada bagian kirinya). Setelah itu, Anda dapat menentukan file mana yang akan di-download, lalu tekan tombol download. Ada baiknya jika Anda memberikan tanda centang (P) pada boks check viruses after download. Agar jika ada file yang di-download terkena virus Anda dapat mengantisipasinya dengan segera.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email